Senin, 09 Januari 2017



LAPORAN FIELD TRIP

“ANALISIS PELUANG PASAR"

PASAR SECANG KABUPATEN MAGELANG

Dosen Mata Kuliah : Ir. Nur Prabewi, S.Pt,MP













Oleh :

Farida Arista                                                (06 2 4 16 663)
Ichsanul Arin Prasetyowati                          (06 2 4 16 671)
Rendi Dian Putra                                          (06 2 4 16 681)




SEKOLAH TINGGI PENYULUHAN PERTANIAN (STPP) MAGELANG
JURUSAN PENYULUHAN PETERNAKAN
2016

LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN FIELD TRIP
“ANALISIS PELUANG PASAR"
PASAR SECANG KABUPATEN MAGELANG
Laporan Field Trip ini disusun sebagai tugas Mata Kuliah Analisis Peluang Pasar Semester I di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang



Oleh :
Farida Arista
NIRM : 06 2 4 16 663
Ichsanul Arin Prasetyowati 
NIRM : 06 2 4 16 671
Rendi Dian Putra
NIRM : 06 2 4 16 681


Disetujui tanggal,   November 2016


Mengetahui,
Dosen Mata Kuliah





Ir. Nur Prabewi, S.Pt,MP

 
PRAKATA
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhanahuwwata’ala atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Field Trip Mata Kuliah Analisis Peluang Pasar.
Laporan ini memuat tentang peluang pasar dan minat konsumen khususnya pada bidang peternakan di Pasar Secang. Disamping itu mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang Pasar Secang. Dalam penyusunan laporan ini penulis telah banyak dibantu dan diarahkan oleh berbagai pihak, karena itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada :
1.      Ir. Ali Rachman, M.Si. selaku Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang.
2.      Ibu Nur Prabewi selaku dosen mata kuliah Analisis Peluang Pasar.
3.      Ir. Agus Mulyadi, M.MA selaku pembimbing kegiatan Field Trip.
4.      Semua pihak yang telah membantu kelancaran dan terselesaikannya makalah ini.
Demikian laporan ini penulis buat, semoga dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan.


Magelang,        November 2016




                                                                                             Penulis






DAFTAR ISI
                                                                                                                    Halaman
HALAMAN JUDUL........................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN................................................................................ ii
PRAKATA.......................................................................................................... iii
DAFTAR ISI....................................................................................................... iv
I. PENDAHULUAN........................................................................................... 1
A. Latar Belakang............................................................................................. 1
B. Tujuan.......................................................................................................... 2
C. Manfaat........................................................................................................ 2
II. TINJAUAN PUSTAKA................................................................................ 3
A. Analisis Peluang Pasar................................................................................. 3
B. Membaca Peluang Pasar............................................................................... 4
C. Faktor-Faktor Dalam Analisis Peluang Pasar............................................... 5
D. Analisis Pelanggan....................................................................................... 5
E. Segmentasi Pasar.......................................................................................... 6
III. PELAKSANAAN......................................................................................... 8
A. Lokasi dan Waktu........................................................................................ 8
B. Teknis Pelaksanaan...................................................................................... 8
IV. SIMPULAN.................................................................................................. 10
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 11
LAMPIRAN........................................................................................................ 12
 
I.         PELAKSANAAN
A.  Lokasi dan Waktu
Kegiatan field trip berlokasi di Pasar Secang Kecamatan Secang Kabupaten Magelang yang telah dilaksanakan pada Tanggal 10 November 2016.

B.  Teknis Pelaksanaan
1.    Peserta
Peserta dari kegiatan field trip mata kuliah Analisis Peluang Pasar terdiri dari pedagang pasar Secang, pedagang kaki lima dan warung dekat pasar Secang, petugas pasar Secang serta dosen dan 3 orang mahasiswa STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Peternakan.
2.    Materi
Materi yang disampaikan oleh Ibu Nur Prabewi, S.Pt,MP selaku Dosen Mata Kuliah ialah bagaimana menganalisis peluang pasar yang baik. Kemudian dijelaskan kembali secara terperinci dilapangan oleh Dosen Pembimbing Kegiatan Field Trip yaitu Bapak Ir. Agus Mulyadi, M.MA tentang adanya Pedagang Kaki Lima di Pasar Secang serta bagaimana cara menarik minat mereka untuk membeli hasil ternak herbal, serta cara mengetahui peluang yang ada di Pasaran, sehingga dapat menganalisis peluang pasar yang ada dengan tepat.
Dilanjutkan diskusi bersama narasumber dan mahasiswa dengan beberapa pertanyaan yaitu:
a.    Identitas diri pedagang di Pasar (termasuk didalamnya nama pedagang, alamat, nomor HP).
b.    Identifikasi Produk Peternakan (jenis, ciri-ciri khusus,)
c.    Darimana asal produk tersebut dan harga per satuannya.
d.   Bagaimana kerjasama pedagang dan peternak?
e.    Bagaimana sistem pemasaran yang dilakukan oleh pedagang maupun peternak?
  
Hasil diskusi dari beberapa pertanyaan tersebut antara lain :
1.      Rumah Makan Lamongan Raya
·         Bp. Supri (085741993335)
·         Konsumsi pasar 30 – 35 kg (ayam kampung)
Jl. Raya Magelang – Semarang (Depan Patal Secang)
2.      Warung Makan Lamongan (Ayam Goreng Anggrek)
·         Konsumsi 28 rb / kg (ayam broiler)
·         1 kg = 5/6 potong
·         Pada waktu tertentu seperti pameran membutuhkan banyak pasokan
·         Ibu Wiwik (087834110437)
3.      Lamongan Raya
·         Ibu Suyati (08122757678)
·         1 kg = 5 potong (tidak beserta leher, ceker)
·         Konsumsi = 30 rb / kg
·         Kalau bisa memungkinkan besok sudah pesan
4.      Sate ayam – kambing Madura cak Arip (terminal Secang)
·         Bp. Arip konsumsi 6 kg / hari
5.      Warung Soto Depan BRI Cabang Secang
·         Produk peternakan ayam broiler
·         Asal produk dari pasar Secang
·         Konsumsi 5 kg daging untuk 2 hari penjualan.
Setelahnya kegiatan Field Trip juga mengidentifikasi jumlah pedagang di pasar Secang Kabupaten Magelang sejumlah kurang lebih 5 pedagang daging ayam dengan komoditas utama daging ayam petelur umur 4-5 minggu.



  

II.      SIMPULAN
Berdasarkan kegiatan field trip yang telah dilaksanakan di Pasar Secang Kecamatan Secang Kabupaten Magelang melibatkan pedagang dan petugas Pasar Secang, serta Dosen Pembimbing dan mahasiswa STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Peternakan. Kegiatan field trip dapat terlaksana dengan baik, berkat adanya kerjasama, sinergi kegiatan, koordinasi dan konsolidasi baik pada waktu proses pelaksanaan kegiatan, maupun sebelum dan sesudahnya pelaksanaan kegiatan.
Hasil dari kegiatan field trip ini adalah untuk mengetahui peluang pasar dan minat konsumen khususnya pada bidang peternakan di Pasar Secang. Disamping itu mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang Secang.















DAFTAR PUSTAKA
Pangerang. 2016. Analisis Peluang Pasar. Diakses 11 November 2016. https://www.google.co.id/?gws_rd=cr,ssl&ei=ZYsoWKn8IIWWvQTt6bLYCw#q=analisis+peluang+pasar+adalah

Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian. 2015. Komunikasi Efektif Penyuluhan. Diakses 11 November 2016. http://setbakorluh.jatengprov.go.id/ pertanian/190komunikasi_efektif_penyuluhan.html















LAMPIRAN



Related Posts:

  • STPP MAGELANG STPP MAGELANG     STPP Magelang atau lebih dikenal dengan Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang merupakan sekolah kedinasan dibawah kementerian pertanian. Sehingga biaya pendid… Read More
  • Lembaga Pemasaran v\:* {behavior:url(#default#VML);} o\:* {behavior:url(#default#VML);} w\:* {behavior:url(#default#VML);} .shape {behavior:url(#default#VML);} Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NON… Read More
  • Tipe Konsumen dan Cara Melayaninya (Ilustrasi oleh Ary Pratama) Tipe Konsumen penting kita ketahui guna mengetahui daya beli konsumen. Yang mana konsumen dalam hal ini memiliki kemampuan membeli atau pr… Read More
  • Laporan Field Trip Analisis Peluang Pasar v\:* {behavior:url(#default#VML);} o\:* {behavior:url(#default#VML);} w\:* {behavior:url(#default#VML);} .shape {behavior:url(#default#VML);} Normal 0 false false false false IN X-NO… Read More
  • Analisis SWOT Itik v\:* {behavior:url(#default#VML);} o\:* {behavior:url(#default#VML);} w\:* {behavior:url(#default#VML);} .shape {behavior:url(#default#VML);} Normal 0 false false false false IN X-NO… Read More

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

STPP Magelang

sekolah kedinasan

Blogroll

Popular Posts