LAPORAN FIELD TRIP
“ANALISIS
PELUANG PASAR"
PASAR SECANG
KABUPATEN MAGELANG
Dosen
Mata Kuliah : Ir. Nur Prabewi, S.Pt,MP
Oleh
:
Farida Arista
(06 2 4
16
663)
Ichsanul Arin
Prasetyowati (06
2 4 16
671)
Rendi Dian
Putra (06
2 4 16
681)
SEKOLAH TINGGI PENYULUHAN PERTANIAN
(STPP) MAGELANG
JURUSAN PENYULUHAN PETERNAKAN
2016
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN FIELD TRIP
“ANALISIS PELUANG PASAR"
PASAR SECANG
KABUPATEN MAGELANG
Laporan Field Trip ini disusun sebagai tugas Mata Kuliah Analisis Peluang Pasar Semester I di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP)
Magelang
Oleh :
Farida Arista
NIRM : 06
2 4 16
663
Ichsanul Arin
Prasetyowati
NIRM : 06
2 4 16
671
Rendi Dian
Putra
NIRM : 06
2 4 16
681
Disetujui
tanggal, November 2016
Mengetahui,
Dosen Mata Kuliah
Ir. Nur Prabewi, S.Pt,MP
|
PRAKATA
Puji
dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhanahuwwata’ala atas limpahan
rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan
Laporan Field Trip Mata Kuliah Analisis Peluang Pasar.
Laporan ini
memuat tentang peluang pasar dan minat konsumen khususnya pada bidang
peternakan di Pasar Secang. Disamping itu mengetahui strategi pemasaran yang
dilakukan oleh pedagang Pasar Secang. Dalam penyusunan laporan
ini penulis telah banyak dibantu dan diarahkan oleh berbagai pihak, karena itu
pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada :
1.
Ir. Ali Rachman, M.Si. selaku Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang.
2.
Ibu Nur
Prabewi selaku dosen mata kuliah Analisis Peluang Pasar.
3.
Ir.
Agus Mulyadi, M.MA selaku pembimbing kegiatan Field Trip.
4.
Semua pihak yang telah membantu kelancaran dan terselesaikannya makalah ini.
Demikian
laporan ini penulis buat, semoga dapat bermanfaat bagi semua pihak yang
membutuhkan.
Magelang, November
2016
Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL........................................................................................... i
LEMBAR
PENGESAHAN................................................................................ ii
PRAKATA.......................................................................................................... iii
DAFTAR ISI....................................................................................................... iv
I. PENDAHULUAN........................................................................................... 1
A.
Latar Belakang............................................................................................. 1
B.
Tujuan.......................................................................................................... 2
C. Manfaat........................................................................................................ 2
II. TINJAUAN PUSTAKA................................................................................ 3
A.
Analisis Peluang Pasar................................................................................. 3
B.
Membaca Peluang Pasar............................................................................... 4
C. Faktor-Faktor Dalam Analisis Peluang Pasar............................................... 5
D. Analisis Pelanggan....................................................................................... 5
E. Segmentasi Pasar.......................................................................................... 6
III. PELAKSANAAN......................................................................................... 8
A.
Lokasi dan Waktu........................................................................................ 8
B.
Teknis Pelaksanaan...................................................................................... 8
IV. SIMPULAN.................................................................................................. 10
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 11
LAMPIRAN........................................................................................................ 12
I.
PELAKSANAAN
A. Lokasi dan Waktu
Kegiatan field trip berlokasi di Pasar Secang Kecamatan Secang Kabupaten Magelang yang telah dilaksanakan
pada Tanggal 10 November
2016.
B. Teknis Pelaksanaan
1. Peserta
Peserta dari kegiatan field trip mata kuliah Analisis Peluang Pasar
terdiri dari
pedagang pasar Secang,
pedagang kaki lima dan warung dekat pasar Secang, petugas pasar Secang serta dosen dan 3 orang mahasiswa STPP Magelang
Jurusan Penyuluhan Peternakan.
2.
Materi
Materi yang disampaikan oleh Ibu Nur Prabewi,
S.Pt,MP selaku Dosen Mata Kuliah ialah bagaimana
menganalisis peluang pasar yang
baik. Kemudian dijelaskan kembali secara terperinci dilapangan oleh Dosen
Pembimbing Kegiatan Field Trip yaitu Bapak Ir. Agus Mulyadi, M.MA
tentang adanya Pedagang Kaki Lima di Pasar Secang serta
bagaimana cara menarik minat mereka untuk membeli hasil ternak herbal, serta cara mengetahui peluang yang ada di Pasaran,
sehingga dapat menganalisis peluang pasar yang ada dengan tepat.
Dilanjutkan diskusi bersama narasumber dan mahasiswa
dengan beberapa pertanyaan yaitu:
a. Identitas
diri pedagang di
Pasar
(termasuk didalamnya nama pedagang, alamat, nomor HP).
b. Identifikasi
Produk Peternakan (jenis, ciri-ciri khusus,)
c. Darimana
asal produk tersebut dan harga per satuannya.
d. Bagaimana
kerjasama pedagang dan
peternak?
e. Bagaimana sistem pemasaran yang dilakukan oleh pedagang maupun
peternak?
Hasil diskusi dari beberapa pertanyaan tersebut antara
lain :
1.
Rumah Makan Lamongan Raya
·
Bp. Supri (085741993335)
·
Konsumsi pasar 30 – 35 kg (ayam kampung)
Jl. Raya Magelang – Semarang (Depan
Patal Secang)
2.
Warung Makan Lamongan (Ayam Goreng
Anggrek)
·
Konsumsi 28 rb / kg (ayam broiler)
·
1 kg = 5/6 potong
·
Pada waktu tertentu seperti pameran
membutuhkan banyak pasokan
·
Ibu Wiwik (087834110437)
3.
Lamongan Raya
·
Ibu Suyati (08122757678)
·
1 kg = 5 potong (tidak beserta leher,
ceker)
·
Konsumsi = 30 rb / kg
·
Kalau bisa memungkinkan besok sudah
pesan
4.
Sate ayam – kambing Madura cak Arip
(terminal Secang)
·
Bp. Arip konsumsi 6 kg / hari
5.
Warung Soto Depan BRI Cabang Secang
·
Produk peternakan ayam broiler
·
Asal produk dari pasar
Secang
·
Konsumsi 5 kg daging
untuk 2
hari penjualan.
Setelahnya
kegiatan Field Trip juga mengidentifikasi jumlah pedagang di pasar Secang
Kabupaten Magelang sejumlah kurang lebih 5 pedagang daging ayam dengan
komoditas utama daging ayam petelur umur 4-5 minggu.
II.
SIMPULAN
Berdasarkan kegiatan field trip yang telah dilaksanakan di Pasar Secang Kecamatan Secang Kabupaten Magelang melibatkan pedagang dan petugas Pasar Secang, serta Dosen
Pembimbing dan mahasiswa STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Peternakan. Kegiatan
field trip dapat terlaksana dengan baik,
berkat adanya kerjasama, sinergi kegiatan, koordinasi dan konsolidasi baik pada
waktu proses pelaksanaan kegiatan, maupun sebelum dan sesudahnya pelaksanaan
kegiatan.
Hasil dari kegiatan field trip ini adalah untuk mengetahui peluang pasar dan
minat konsumen khususnya pada bidang peternakan di Pasar Secang. Disamping itu
mengetahui strategi pemasaran
yang dilakukan oleh
pedagang
Secang.
DAFTAR PUSTAKA
Pangerang.
2016. Analisis Peluang Pasar. Diakses 11 November 2016. https://www.google.co.id/?gws_rd=cr,ssl&ei=ZYsoWKn8IIWWvQTt6bLYCw#q=analisis+peluang+pasar+adalah
Sekretariat
Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian. 2015. Komunikasi Efektif Penyuluhan.
Diakses 11 November 2016. http://setbakorluh.jatengprov.go.id/
pertanian/190komunikasi_efektif_penyuluhan.html
LAMPIRAN
0 komentar:
Posting Komentar